Home > Terapi > MADINATUL ASRAR EAR CANDLING THERAPY

MADINATUL ASRAR EAR CANDLING THERAPY

MADINATUL ASRAR EAR CANDLING THERAPY

Ear candle (auricular candling atau ear wax) merupakan salah satu terapi yang dilakukan dengan menggunakan media lilin pada telinga. Tujuan terapi ear candle adalah membersihkan bahagian dalam telinga dari kotoran-kotoran, serta mengeluarkan toksin-toksin.

Ear candle juga bermanfaat menjernihkan pendengaran, juga dapat dijadikan alternatif perawatan telinga agar terhindar atau paling tidak mengurangi penurunan daya dengar. Selain itu, ear candle juga dapat mengatasi migrain, cephalgia (sakit kepala), gangguan keseimbangan, sulit tidur, telinga berdengung, telinga basah, nanah pada telinga, dan sebagainya.

Bagaimana terapi bekerja?

Ada dua peristiwa fizik yang terlibat pada ECT:

1. Pembakaran secara perlahan-lahan menurunkan tekanan udara di dalam earcandle dan getaran yang menyalurkan udara hangat memberi sensasi hingga ke dalam telinga. Sensasi hangat ini masuk hingga ke dalam lubang telinga.

2. Di dalam telinga, kehangatan menstimulasi pembuluh darah, membangkitkan sistem imun dan memperkuat jaringan limfa. Dan pada saat bersamaan, titik-titik akupuntur secara refleks terstimulasi.

Akibat perbezaan tekanan ini, kotoran telinga akan terangkat ke atas, membentuk alur yang memanjang. Berbagai macam unsur akan turut terangkat bersama kotoran, misalnya saja kuman(berwarna keputihan).

Dalam praktikalnya, berbagai masalah kesihatan yang bermuara pada bahagian kepala khususnya organ pendengaran, dapat diatasi dengan ECT. Selain yang tersebut di atas, juga sakit kepala, otitis eternal, dan sinusitis. Bahkan pada banyak kes, vertigo dapat dieliminasi berkat ECT.

Kotoran telinga dapat berasal dari toksin-toksin yang berasal dari dalam tubuh, yakni berupa peluh. Sumber lainnya adalah kotoran yang berada di luar tubuh, seperti pencemaran. Jika kotoran tersebut tidak dibersihkan, akan menyebabkan sirkulasi darah menjadi tidak normal sehingga dapat mengakibatkan kesulitan tidur, pendengaran, penglihatan yang tidak jelas, gangguan pernafasan, dan juga masalah pada kulit (seperti kelopak mata hitam, bintik-bintik hitam, dan kulit berwarna gelap).

Sejak zaman kuno, bangsa Indian suku Inca telah melakukan ear candle dengan menggunakan tebu. Ear candle digolongkan sebagai pseudoscience, di Eropah telah diakui dan direkomendasikan oleh doktor untuk mengatasi gangguan yang terjadi di telinga. Contohnya seperti telinga pekak dan sebagainya.

Ear candle (auricular candling atau coning) merupakan salah satu terapi yang dilakukan dengan menggunakan media lilin pada telinga seseorang. Terapi ini dilakukan dengan tujuan membersihkan bahagian dalam telinga dari kotoran-kotoran, serta mengeluarkan toksin-toksin. Pembersihan yang dilakukan dengan terapi ini harus dilakukan oleh profesional yang terlatih, dan tidak dapat dilakukan dengan sembarangan.

Ear candle juga bermanfaat menjernihkan pendengaran, terutama dapat dilakukan oleh orang lanjut usia. Ear candle juga dapat dijadikan alternatif perawatan telinga agar terhindar atau paling tidak mengurangi penurunan daya dengar. Selain itu, ear candle juga dapat mengatasi migrain, cephalgia (sakit kepala), gangguan keseimbangan, sulit tidur, telinga berdengung, telinga basah, dan sebagainya.

Ear candle bekerja pada titik akupressure dan sistem energi di sekitar telinga. Udara hangat yang ada di sekitar orang yang sedang menjalani terapi ini dapat menimbulkan rasa nyaman. Hal ini terjadi kerana energi vital dari api yang menyala pada telinga berpengaruh langsung pada titik akupressure di dalamnya. Ketika lilin diaplikasikan, lilin berfungsi untuk menyedut udara sehingga kotoran yang berada di telinga melekat pada dinding lilin. Udara hangat juga dapat merangsang gegendang telinga untuk meningkatkan sirkulasi pembuluh darah, menjaga keseimbangan rongga telinga, meningkatkan sirkulasi getah bening, zona refleks, dan titik-titik akupuntur.

Terapi telinga ini selamat digunakan jika dilakukan dengan prosedur yang benar. Terapi ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak melukai dinding telinga yang dapat menyebabkan irritasi. Namun disarankan agar pesakit yang telah menjalani pembedahan telinga (timpanoplasty) tidak melakukan ear candle. Demikian pula halnya dengan orang yang sedang mengalami infeksi telinga, mengalami gegendang telinga yang pecah (perforasi membranatimfani), telinga bernanah (otitis media).

Kesibukan dan rutiniti kadangkala membuat kita lupa bahawa beberapa bahagian tubuh memerlukan perawatan. Contohnya saja telinga. Perawatan organ vital ini sering diabaikan meskipun fungsinya sebagai indera pendengaran sangatlah penting bagi kita.

Pada bahagian dalam pada telinga, ada sejumlah toksin yang terus diproduksi dan harus dibersihkan agar telinga selalu sihat dan bersih. Selain itu, struktur organ telinga yang terbuka menyebabkan debu dan kotoran mudah masuk dan bersarang di dalam kuping.

Cara tradisional yang selama ini sering dilakukan Untuk membersihkan telinga adalah menggunakan cotton bud. Namun cara ini juga cukup berisiko kerana jika tidak berhati-hati, cotton bud dapat melukai atau merosak bahagian dalam telinga. Risiko lain, cotton bud dapat tertinggal di dalam telinga.

Cara lain yang lebih moden, selesa, dan selamat untuk membersihkan telinga adalah dengan menggunakan terapi Ear Candle (lilin telinga). Terapi ear candle cukup efektif mengangkat kotoran yang berada dalam telinga. Dengan menggunakan ear candle yang berbentuk paip yang berbentuk khusus yang di hujungnya memiliki filter, kotoran lebih banyak terangkat.

Cara kerjanya sangat sederhana. Sekitar 5 minit dilakukan pengurutan di sekeliling telinga. Kemudian ear candle yang memiliki panjang kurang lebih 20 cm itu sebahagian hujungnya yang memiliki diameter terkecil dimasukkan ke dalam telingga. Lilin dibakar hingga menyisakan 1-2 cm di atas bahagian filter.

Ear candle sendiri merupakan balutan aromaterapi pada media semacam kain yang digulung menjadi paip yang dengan sebuah filter di hujung diameter terkecil. Berbagai jenis aromaterapi dari ear candle, antara lain papermint, lavender, bergamot dan lainnya.

Terapi ini sangat bagus untuk kesihatan telinga. Kotoran akan terangkat dengan selamat. Pada orang yang pertama kali melakukan terapi ini biasanya akan banyak kotoran telinga yang terangkat.

Terapi dapat dilakukan seminggu sekali atau sebulan sekali, tergantung aktiviti yang dikerjakan. Orang yang aktivitinya banyak di luar ruangan atau lapangan, telinganya akan lebih cepat kotor sehingga harus lebih sering membersihkan telinga.

Beberapa manfaat yang dapat dari terapi ini antara lain, membuat wajah lebih segar, menyamankan perasaan dan mengatasi insomnia, mengatur keseimbangan energi, mengurangi ketegangan dan stress, meringankan pening kepala, migrain dan lainnya. Anda tertarik mencuba?

Bagi Anda yang ingin membersihkan telinga, tak ada salahnya mencuba terapi ear candle Madinatul Asrar . Terapi ini sudah popular di Kota-kota besar. Saat ini pun sudah hadir di Kuching,Sarawak..

Sesuai namanya, terapi ini menggunakan lilin. Tentu saja bukan lilin sembarangan. Bentuknya mirip lilin biasa, hanya saja bagian tengahnya berlubang, seperti sedutan minuman. Diameternya 1,5 cm dan panjangnya kira-kira 20 cm. Bagaimana cara kerjanya? Menurut Perawat Madinatul Asrar, terapi ini digunakan untuk menyembuhkan atau mengurangi keluhan beberapa penyakit. Umumnya memang yang berkaitan dengan pendengaran. “Fungsi utamanya untuk membersihkan sekaligus untuk terapi terkait dengan kelainan di telinga,”

Dijelaskannya, ear candle bekerja layaknya vacuum cleaner yang menyedut kotoran. Lilin yang dibakar akan menghasilkan panas. Tekanan udara di atas menjadi lebih rendah sehingga asap putih hasil bakaran lilin masuk ke dalam telinga. Setelah 3/4 lilin terbakar, asap di dalam telinga pun menjadi jenuh.

Dengan adanya aliran udara dan tekanan lebih tinggi, asap putih itu akhirnya keluar dari dalam telinga sambil membawa partikel-partikel yang ada di dalam telinga. “Panas yang masuk aka menyedut kotoran yang ada di telinga,”. Pada saat terapi ini juga, lanjut, perawat juga melakukan pengurutan di daerah sekitar telinga. Tujuannya untuk membantu memperlancar alirah darah. Aroma lilin juga memberikana aroma terapi sehingga memberikan manfaat bagi pemakainya. “Ada aroma terapi khusus dalam terapi yang memberikan kenyamanan,”.

Lalu apakah terapi ini tidak merosak gegendang telinga?ukuran dari lilin sudah standard. Ertinya, perawat sudah memperkirakan ukuran lilin dan telinga. Terapi ini tidak akan menyentuh gegendang telinga sehingga selamat untuk digunakan.

Selain itu, terapi ini juga boleh dilakukan siapa saja. Baik laki-laki mahupun perempuan. Soal usia, sebaiknya diatas 8 tahun keatas. “Remaja keataslah,”Jelas Dr.Rizal.

Jika anda ingin mendapatkan Madinatul Asrar Ear Candle Therapy ini,silalah datang ke Pusat Rawatan Madinatul Asrar,anda pasti berpuas hati dengan perkhidmatan yang diberikan!

Categories: Terapi
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: